Senin, 05 Maret 2012

Lawang Sewu

Yeaaaaay!
Sekarang udah hari ke-5 di awal bulan Maret, nah pastinya ini hari MON(ster)DAY bagi pelajar-pelajar jaman sekarang termasuk gue, mihihi.
Kalian semua apa kabarnya? Pastinya baik dong? Iya kan? Iya dong!

Kemarin hari Sabtu tepatnya tanggal 3 Maret, gue sama temen-temen gue ke LS. Pada tau LS kaga? LS itu Lawang Sewu hehe. Eh wait, wait..ini readers pada tau Lawang Sewu kan? kalo ga tau aku cerita-in sedikit nih sejarahnya ya. :)

Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS. Gedung Lawang Sewu juga menjadi saksi perjuangan bangsa, yakni dengan tewasnya beberapa anggota angkatan muda kereta api Indonesia melawan Kenpetai pada pertempuran Lima Hari antara 14-19 Oktober 1945. Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.

Nah sekarang readers udah tau sedikit sejarah dari Lawang Sewu kan? =)
Gini loh ceritanya, em gimana yaa ya gitu deh eh wkwk. Oke, oke seriusan yak ini gini loh tadinya yang mau ke Lawang Sewu tuh gue ( Nabila ), Kharisma, Ella, Tata, Aurel. tapi masa iya orang ganjil? Nah pas di situ gue nyoba sms Nanda ( masih inget kan sama temen gue Nanda, Ella, Kharisma, Aurel? bagi yang belum tau bisa diliat post-post-an sebelumnya kok. ), gue nyoba ngajak dia ke Lawang Sewu... Daaaan jawaban-nya dia itu insyaallah ya. Yaudah deh pasrah aja guenya wk~ trus si Aurel malem-malem gatau jam berapa lupa ( eh ngga malem-malem juga deng, kalo gak salah sih sekitar jam 10-an malem nah itu kan juga udah termasuk malem kan? -_- haha rempong amat prasaan -,- ) sms bilang yang intinya dia kaga jadi ikutan dan katanya juga males. JEDEEEERR....!! Gue baca sms itu pagi-pagi, abis bangun tidur wkwk. Biasalah anak jaman sekarang kan enggak bisa lepas dari handphone bener kan? haha itu sih menurut survei gue selama ini ( ecie bahasa gue. hm wait! kapan gue surveinya? perasaan gak pernah deh ) eh enggak deng, menurut pandangan mata gue selama ini. Oke back to the topic yeaah. Kemudian setelah membaca sms dari si Aurel gue berdiam sejenak lalu bergegas untuk mandi ( kok kaga sholat bil? iya nih hehe kaga bangun pagi a.k.a bangun kesiangan -,- jadi kaga sholat shubuh u,u. Ya Allah maaf-kan-lah hambamu yang satu ini telah lalai tidak menjalankan amanatmu :" wkwk. ). Abis mandi cuss back to school.

In the school.
Waktu istirahat bel, gue ke bangku dimana si Kharisma itu sedang duduk disana. Dan blablabla, trus katanya si Kharisma apa hayoo katanya? Haha, katanya Kharisma si Tata ga bisa ikut :( yaah sayang banget yak. Trus gue sama Kharisma mulai berfikir,
"Masa iya ke Lawang Sewu cuma bertiga?" ( Lu, lu dan lu pada bisa ngebayangin kan? kalo ke Lawang Sewu cuma bertiga? yang ada ngedongkol eh malah super ngedongkol deng haha. )
"Lha yoo, gaasik toya. Apa gak jadi aja ya?" Kharisma nanya gitu ke gue.
"Hmm tapi kasian Ella toya kalo misale dia udah siap?" Gue berfikir sejenak lalu menjawab dengan santainya wkwk. Memikirkan perasaan orang lain juga kan gue B-)
Trus blablabla lagi lupa wkwk. Bel masuk pun berbunyi. Blablabla lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii wkwk. Bel istirahat bunyi lagi totetotetotttt! HAHA. Abis itu temen sebangku ( Tiara ) gue nanya,
"meh neng ndi he?" ( dalam Bahasa Indonesia: Mau kemana kamu? )
"neng lawang sewu, piye? meh melu po?" ( dalam Bahasa Indonesia: ke lawang sewu, gimana? mau ikut apa? )
"lha mbek sopo wae? aku melu." ( dalam Bahasa Indonesia: Lha sama siapa aja? aku ikut. )
"mbek Ella, Tata, Kharisma, Aurel. Tapi Aurel mbek Tata rak sido melu, dadine wong telu tok. tenan rak? yowes to." ( dalam Bahasa Indonesia: sama Ella, Tata, Kharisma, Aurel, Tapi Aurel sama Tata ngga jadi ikit, jadinya orang tiga doang, beneran gak? yaudah to. )

Abis perbincangan kurang lebih kayak gitu gue minta Tiara buat nganterin gue ke Ella, trus blablabla.
Eh pas udah sampai dikelasnya Ella, ( untung pake banget Ella-nya lagi di depan kelas, jadi gue kaga usah nyariin dia wkwk .-.v ) gue nanya-nanya macem-macem ( eitss tapi tentunya nanya yang ga jauh-jauh dari topik dong. ) sama Ella. Dan blablabla dan akhirnya Ellah bilang malah dia kaga mau ikut juga -,- sangat menyebalkan bukan? itu sudah pasti. Dan katanya gara-garanya dia kepala pusing + pms dia jadi kaga mau ikutan. Yaudah sih guenya kaga maksa, cuma bilang halah ella gitu o ( kalo ga salah sih hehe, lupa sih guenya .-. ). Kebetulan banget disitu ada Putri, itu temen gue juga kok. Nah gue nyoba ajak dia, dan dia mau. Yaudah pas bel pulang sekolah kita-kita saling menunggu. Gue sama Kharisma nungguin Putri noh -diantara kelas 8b dan 8c- kebetulan banget kelas gue sama kelasnya si Putri ngga jauh-jauh amat kok guenya 8b si Putrinya 8e. Gak jauh kan? Iya kan? Iya dong!

Trus pas Putrinya udah keluar dari kelas gue sama Kharisma nyamperin Putrinya. Abis itu kata dia gini, aku izin dulu ntar dikira kaya kemarin pergi kerumah cowok--". Okelah akhirnya menunggu sebentar, padahal gue paling ngga suka itu menunggu. Trus gue liat Tiara noh, em gue panggil noh si Tiara kan tadi katanya mau ikut.. tapi setelah gue panggil dia cuma nengok engga bilang apa-apa malah langsung lari. Bener-bener keterlaluan ini bocah! Kan waktu mau ke depan sekolahan tuh barengan ada gue, Kharisma, Putri, Ella. Tadinya mau lewat belakang sekolah, tapi gajadi gara-gara ada mas-mas malaki ( tau malakin gak? itu loh minta uang sama yang lebih kecil dari dia -,- ). Yaudah tuh nungguin ( kurang lebih 15 menit. ) bokapnya Putri jemput dia. Disamping itu si Kharisma ngerayu lagi ke Ella buat ikutan, nah akhirnya Ella mau ikutan kalo dia dibeliin pulsa .-. yaudah deh gapapa asal kaga bertiga atau orang ganjil aja wkwk.

skip.

Putri udah dapet izin dari bokapnya. Kita-kita cusss ke Lawang Sewu naik angkot tapi sebelum naik angkot kita-kita jalan kaki dulu sampai Pandanaran ( nyiksa batin? #eh. Nyiksa kaki deng wkwk ). Mana tas gue berat eh malah jalan kaki sampe Pandanaran -_- Trus udah nyampe tuh di Pandanaran, untung ada angkutan berhenti dan lagi nyari penumpang jadi kan kita semua gausah susah-susah celingak celinguk nyariin angkutan wkwk. Kita-kita turun noh dideket Domsav, abis itu nyebrang trus sampe deh di Lawang Sewu.

Lawang Sewu
Gerbangnya Lawang Sewu dibukanya ngga terlalu lebar ngga terlalu sempit ya jadi cukup-an-lah ( emang makanan kalo pedes yang cukup-an wkwk ). Pas kami semua mau masuk ke Lawang Sewunya, ada salah seorang bapak-bapak yang mungkin pengawas atau  yang ngejaga situ, masalahnya gue itu gak tau pastinya wkwk. Bapak-bapak itu tadi bilang ke kami gini, blablabla dan blablabla ( dikerenakan penulisnya lupa bilang apa jadi diutarakan dengan 'blablabla' aja ya ) dan kemudian kami ditinggal pergi gatau kemana. Lalu 2 menit kemudian ada bapak-bapak lagi tentunya beda wajah juga dong, nyuruh kita masuk. Di pembayaran (?) itu ada seorang perempuan, sepertinya itu pasepuhan ( entah mengapa gue bisa ngomong kayak gini, em tapi emang bener sih itu menurut pandangan gue ) dan sesosok laki-laki dan ada seekor anjing.
"Mau berapa orang?" Tanya seorang perempuan tadi.
"Empat" jawabku.
"Pakai pemandu nggak?"
"Pake, satu orang masuknya 10ribu trus sama pemandu 30rb jadi 70ribu kan?"
"Gini aja, tak kasih pemandu to mbayare 50ribu wae."
Yaudah gue ngeluarin uang yang ada dikantong gue, kebetulan itu uang yang dikasih nyokap dan pas banget 50ribu. Gue kasih noh uang ke ibu-ibu kasirnya.


Kami masuk dengan pemandu, eitss sebelum menjelajahi Lawang Sewu ( sebenernya sih yaa isinya gitu-gitu aja -_- iya kan? haha. ) kami minta dianter ke kamar mandi buat ganti baju, kebetulan kami janjian bawa baju. Gue, Ella, Kharisma ganti baju tapi tidak untuk Putri yaa lu tau kan? ( yang gue maksud lu itu readers yah^^ ) gue ngajaknya mendadak, hehe peace lho put! Nah setelah selesai berganti baju, gue baru sadar kalo rambutnya Ella itu potong kayak model rambutnya Kharisma, haha kocak =D. Trus....................yaudah bersambung wkwk, capek tangan gue! -_- Eitss! Ini belum selesai loh gue curhatnya hehe, yuk mari dibaca lagi^^~.

Kami keliling-keliling Lawang Sewu trus kami foto-foto yang fotoin mas-mas pemandunya. Katanya waktu ditangga ngeliat kami itu ada berlima! ( Lah kan emang berlima to? Tambah satu sama masnya -_- mase ki piye ya. ) Padahal kami cuma empat orang haha lupakan. Trus pemandunya kan nggak enak tuh, akhirnya ( kurang lebih ) bilang gini:
"Mas, ini mau muter-muter sendiri dulu ntar nek misale mau ke bawah tanah aku manggil mase ya?"
"Yo dek"
"Namane mase sopo?"
"Mas budi.."
"Oh"
Orang itu tadi kemudian pergi gatau kemana wkwk ( Jangan sampe salah alamat loh mas wkwk ).

Trus kami kembali muterin Lawang Sewu dari awal. Nah pas sampai ditangga si Kharisma itu tiba-tiba bilang yang katanya masnya kami itu berlima, eh gara-gara Kharisma bilang gitu kan yang tadinya gue udah setengah mau sampe dilantai atas gue urungkan niat gue buat naik. Trus gue ngebantah-bantah gajelas wkwk, akhirnya gue ikut Ella naik aja. Eh masa si Kharisma menyelinap diantara gue sama Ella haha --" KOCAK sumpah liat Kharisma kayak gitu. Trus pas sampai lantai atas gue langsung ngibrit liat pemandangan aja daripada ribut terus -,- Abis itu malah foto-foto gitu wkwk, eh malah ada pengunjung lain yang ngikutin gaya kami -,- Dih, gapunya akal banget mas ngikutin gaya kami wkwk.

Trus kami turun lewat tangga, tapi bukan tangga yang tadi. Tangga yang satunya lagi, ditangga itu foto-foto gajelas -,- trus kan foto padahal kaga berubah ya tapi kok hasil fotonya agak gimana dan ada bayangan sesuatu. Eh malah Putri sama Kharisma lari -,- ambil positifnya aja kali :) si Ella pemberani bener yak haha dia malah berjalan santai dan ngga ngaruh apa yang dikatain Kharisma wkwk. Hebat lu lak! Gue salut (y)

Udah puas foto-fotonya kami pengen ke bawah tanah, trus kami nyari mas-masnya. Eh malah masnya yang tadi mandu pengunjung lain lupa dari mana -_- DIMANA MAS TANGGUNG JAWAB LU? KATANYA KALO MAU KE BAWAH TANAH MANGGIL ELU DULU? NYIKSA BATIN TAU GAK? PAKYUUU! Berulang-ulang kali gue mengucapkan kata-kata "Pakyuh" karena gue jengkel sama masnya. Udah gitu perut keroncongan belom makan, njir laper abis woy --" Untung dideket situ ada orang jualan minuman sama makanan ringan. Yaudah deh kami semua pada beli es teh, es teh kan rasanya biasa-biasa aja kan yak? berhubung kami lagi laper ya jadi minum es teh-nya itu dinikmati wkwk.
Menunggu maybe sih ada setengah jam-an, gilaaaa...! BISA KALIAN BAYANGKAN KAN? ERGHHH BIKIN BETE!! 
Udah deh akhirnya super duper ngedongkol sambil bilang PAKYUUUUHHH!! wakakak.
Terus gatau kenapa tiba-tiba mas budi-nya menghampiri kami, maybe pengunjung yang tadi udah pergi wkwk.

Trus akhirnya kami beli tiket buat masuk ke ruang bawah tanah.. Setelah bayar kami ke ruang bawah tanah pakai sepatu boots yang telah tersedia disana :) Abis itu bawa senter cusss ke ruang bawah tanah.. Tempatnya emang gelap gulita -,- serem sendiri sih ngeliatnya, tapi disitu udah ada beberapa lampu listrik kok :) disitu dilihatin macem-macem ( males nyebutin, sorry ya ) ada penjara berdiri dan etc. Disitu juga ada telapak kaki, gatau jelasnya telapak kaki siapa haha.

Udah segitu aja ya gue curhat ke readers semua, capek sangat jari-jari tangan saya abis ngerjain pr yang bejibun wkwk.
Seeya. Bye

0 comments: